bahan kebaya

Kenali tiga jenis bahan kebaya yang banyak diburu wanita masa kini

Kebaya merupakan salah satu warisan bangsa dan negara yang perlu dilestarikan. Kain ini melambangkan simbol wanita yang anggun namun tetap kokoh. Dengan bentuk motifnya yang juga penuh arti, membuat kebaya jadi unik dan menarik. Walaupun sudah tidak sesering dahulu dalam intensitas pemakaianannya, namun baju kebaya masih menjadi baju pilihan wanita masa kini yang dipakai pada acara-acara tertentu, misalkan pernikahan, kondangan bahkan pesta. Jika dahulu kebaya digunakan wanita Indonesia dipadukan dengan jarik, sekarang baju kebaya sudah sangat bervariasi. Bahan kebaya juga menjadi bahan kesukaan wanita untuk dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya.

Bahan kebaya juga sangat bervariasikita bisa memilihnya sesuai selera. Jika beberapa masa yang lalu bahan kebaya identik dengan orang tua, kini kebaya sudah merambah ke semua kalangan dan generasi. Mengikutikebutuhan dan perkembangan zaman, kebaya mengalami revolusi menjadi suatu bahan kebaya modern yang tidak lagi ndeso bahkan menjadi elegan dengansemakin berkembangnya motif brukat yang kekinian. Yuk, kita simak beberapa jenis bahan kebaya dan harganya, sehingga kita bisa sesuaikandengan kebutuhan dan kesukaan saat membelinya. Karena tidak bisa dipungkiri bahan kebaya kini menjadi sebuah bahan yang wajib dimiliki oleh wanita.

Kebaya Semiprancis

Kebaya semiprancis memiliki tekstur yang halus tidak terlalu timbul motifnya dan tidak ngaret. Hal ini menjadikannya disukai banyak pecinta kebaya. Penjualannya pun sudah dalam bentuk potongan, dimulai dengan ukuran 250×135 cm dan ada juga 300×150 cm. harganya juga bervariasi dimulai dari bandrol 100 ribu.

Bahan kebaya ini adalah produk eksport, namun kualitasnya cukup menjanjikan. Walaupun ada juga tingkatan grade nya, jadi harga yag dimulai dari 100 ribu merupakan grade B (barang terkadang tidak sempurna). Untuk grade A anda harus mengeluarkan kocek dua bahkan tiga kali lipat. Namun tenang saja, dalam berbelanja tidak harus yang mahal kok yang penting kita pandai dalam memilihnya karena beberapa kain walaupun grade B namun kualitasnya sebelas dua belas dengan grade A, dan kita lebih bisa mengirit budget. Hehe…

Baca Juga :  Sepatu Converse Wanita, sepatu idola

Kebaya parade

Dengan tekstur yang sangat timbul, berat dan tidak ngaret bahan kebaya ini juga menjadi lirikan wanita. Namun karena kualitasnya tadi kita perlu merogoh kocek lumayan dalam. Hehe… Dibanding kain yang lain, jenis ini memang lebih mahal dan terkadang yang dijual di pasaran adalah semi parade. Untuk yang asli hanya dijual di toko-toko tertentu dengan budget yang lumayan. Jenis kainnya pun ada yang kilap dan ada yang tidak. Untuk yang kilap harganya jelas lebih mahal karena kualitasnya lebih bagus. Selain parade, ada juga jenis lainnya yaitu tile parade. Dimana yang menjadi pembeda adalah tilenya. Bahan kebaya cantik ini dijual dipasaran dengan harga 120 ribu per meter dengan lebar 1,4 meter.

Kebaya Cornelly

bahan kebaya

Bahan kebaya ini mempunyai cirikhas tekstur ynag timbul, dan ada benang yang timbul di pinggiran motifkainnya. Benang ini yang disebut cord atau cornellysehingga namanyamenjadi kebaya cornelly.. tile kebayaini juga tidak kalah cantikdari yang lainnya sehingga para wanita juga banyak yang menyukainya. Hargakebaya cornelly sangat bervariasi,dimulai dari harga 50 ribu per meter. Namun semakin murah harga bahannyasemakin kasar dan tilenya kadang tidak nyaman dipakai. Berbeda dengan yangmahal, kainnya berat bordirannya rapat dan kecil-kecil serta yang terpentingadalah kenyamannya.